Sabtu, 13 September 2014
TUTORIAL MEMBUAT GAME SEDERHANA MENGGUNAKAN ECLIPSE
1.
Membuka atau
menjalankan aplikasi Eclipse
Dengan
cara melakukan klik pada aplikasinya seperti gambar dibawah ini:
Maka
selanjutnya akan muncul kotak dialog yang memerintahkan kita untuk memilih
dimana kita akan menyimpan project kita. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan.
Apabila ingin menggantinya klik browse
lalu pilih tempat yang akan di gunakan untuk penyimpanan project. Selanjutnya
klik OK.
2.
Buatlah nama project/
program yang akan dibuat
Dengan
cara klik “file -> New -> Java
Project” Lalu
isiskan nama project yang akan dibuat misalnya GAME Pastikan bahwa nama project sesuai dengan aturan yang ada,
yaitu nama project tidak boleh menggunakan spasi, nama project tidak boleh
didahului dengan angka, dan lain sebagainya. Adapun contoh pemberian nama
project seperti gambar dibawah ini:
3. Membuat
Package
Setelah
membuat project, maka akan muncul sebuah struktur direktori yang berisi nama project, folder src, dan folder JRE
System Library yang terdapat di bagian kiri workspace yaitu pada Package Explorer.
Klik
kanan pada Folder src, kemudian klik New lalu klik Package.
Isi
nama Package misalnya jurnal3,
kemudian klik finish.
4.
Buatlah class
Untuk
membuat class dilakukan dengan cara klik kanan pada folder package yaitu folder
Jurnal3, kemudian “New-> Class”. Setelah itu akan muncul kotak dialog yang
memerintahkan kita untuk mengisi nama dari class yang akan kita buat. Kali ini
kami membuat nama class dengan nama “GAME”.
Jangan
lupa beri tanda centang pada perintah
“Public static void main(String[] args)” pada pagian “which method stubs
would you like to create”. Hal ini bertujuan untuk memilih method yang
digunakan dalam program yang akan kita buat. Karena Class ini adalah class
utama yang akan langsung dijalankan oleh JRE (Java Runtime Environment),
kemudian klik “Finish”.
Eclipse
akan memunculkan project kosong yang berisi Package dan class sesuai dengan
nama yang sudah di inputkan.
5.
Melakukan import class Scanner
Hal
ini bertujuan untuk mengambil atau mengimport perintah atau object yang
terdapat dilibrary yang ada didalam java API. Karena tanpa melakukan perintah
ini ada bebrapa metodh atau perintah yang tidak bisa dipanggil secara otomatis.
Dalam program ini kita menggunakan Import java.util.Scanner yang bertujuan
untuk membaca inputan User menggunakan fungsi Scanner. Penulisan import
dilakukan sebelum tulisan class.
Selanjutnya adalah membuat object baru untuk mengambil inputan berupa
variable (Next dan dua) dengan Scanner. Dalam hal kami membuat Scanner yang
bernama “aku”.
6. Masukan
coding berikut ini
7. Langkah
terakhir adalah melakukan run
Dengan
cara klik “run” pada menu bar atau tekan tombol f11 pada keyboard.maka akan muncul window console seperti gambar dibawah ini:
Setelah anda menginstall IDE NetBeans, segera jalankan NetBeans nya. Untuk membuat projek baru pilih File-New Project. Nanti akan muncul seperti gambar di bawah. - See more at: http://ahmadkartubi.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-game-java-dari-komputer.html#sthash.TjMDgaQ0.dpuf
Setelah anda menginstall IDE NetBeans, segera jalankan NetBeans nya. Untuk membuat projek baru pilih File-New Project. Nanti akan muncul seperti gambar di bawah. - See more at: http://ahmadkartubi.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-game-java-dari-komputer.html#sthash.TjMDgaQ0.dpuf
Setelah anda menginstall IDE NetBeans, segera jalankan NetBeans nya. Untuk membuat projek baru pilih File-New Project. Nanti akan muncul seperti gambar di bawah. - See more at: http://ahmadkartubi.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-game-java-dari-komputer.html#sthash.TjMDgaQ0.dpuf
Setelah anda menginstall IDE NetBeans, segera jalankan NetBeans nya. Untuk membuat projek baru pilih File-New Project. Nanti akan muncul seperti gambar di bawah. - See more at: http://ahmadkartubi.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-game-java-dari-komputer.html#sthash.TjMDgaQ0.dpuf
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar